Jurnal Basicedu
Vol. 4 No. 4 (2020)

Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Siswa pada Siswa Sekolah Dasar

Situmorang, Anastasya Gesya (Unknown)
Sipayung, Regina (Unknown)
simarmata, Ester Julinda (Unknown)
Silaban, Patri Janson (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa di SD Negeri 177051 Laemaga Rambung serta hubungannya dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa, sedangkan metode korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan konsep diri siswa dengan hasil belajarnya. Instrument untuk mengukur konsep diri adalah angket yang terdiri dari 29 butir. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan nilai hasil rapor semester genap tahun ajaran 2020/2021. Setelah dilakukan pengukuran terhadap konsep diri, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 75. Hal ini berarti konsep diri siswa di SD Negeri 177051 Laemaga Rambung berada pada tingkat cukup. Untuk mengetahui tingkat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari Pearson. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung 0,636, yang berarti nilai korelasi kuat/berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. diperoleh nilai thitung = 5,083 sedangkan ttabel = 1,685. Karena thitung ≥ ttabel (5,083 ≥ 1,685) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri siswa dengan hasil belajarnya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...