Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 2 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran The Six Thinking Hats Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar

Safitri, Ulandari (Unknown)
Amini, Risda (Unknown)
Fitria, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Design Static-Group Comparisson. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas di SD Istiqamah Sicincin sekaligus menjadi sampel. Terpilih kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes sedangkan data penelitian ini adalah hasil tes dan data observasi pelaksanaan penelitian yang diamati oleh observer untuk melihat jalannya pelaksanaan penelitian. Sesuai dengan analisis data akhir pada penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pada dimensi pengetahuan di kelas eksperimen 72,61 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 59,38. Nilai rata-rata kedua kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan penggunaan model The Six Thinking hats nilai rata-ratanya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Hasil uji t didapatkan t hitung adalah 3,17. Dan t tabel dengan derajat kebebasan dk 45 dari tabel t(0.975)(45)= 0,521 Kriteria pengujian hipotesis adalah terima Ho jika thitung < ttabel. Dalam penelitian ini thitung > ttabel , berarti tolak Ho dan terima Ha. Dapat disimpulkan model The Six Thinking hats berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Istiqamah Sicincin

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...