Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 4 (2021)

Peningkatkan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Dasar

Herzamzam, Dyah Anungrat (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan self efficacy belajar matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD N 5 bumirejo kecamatan kebumen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi dan self efficacy belajar matematika pada siswa kelas V SD N 5 bumirejo kecamatan kebumen. Peningkatan motivasi dan self efficacy telah memenuhi kriteria keberhasilan. Hal itu ditunjukan dengan (1) Skor angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 54,45% dengan kategori rendah, siklus I sebesar 68,91% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 83,34% dengan kategori tinggi (2) Skor angket self efficacy belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sebesar 49,94 % dengan kategori rendah, pada siklus I sebesar 69,20% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85,04% dengan kategori tinggi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...