Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 4 (2021)

Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Saat Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar

Sholihah, Nasihatus (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Akhwani, Akhwani (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Keberhasilan anak untuk mencetak generasi penerus yang memiliki kompetensi yang bisa diandalkan dan bisa bersaing dengan dunia luar yang tidak hanya bergantung pada secara formal tetapi harus diawali dengan pendidikan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika saat pandemi covid 19 di SDN 291 Gresik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 77 siswa yaitu siswa kelas 1 sampai 5 di SDN 291 Gresik. Data diperoleh dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji hipotesis. Berdasarkan analisis data hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r_hitung 0,226 dan r_tabel 0,188, hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar. Analisis uji hipotesis (uji F) menghasilkan nilai F_hitung = 4,023 dan nilai signifikan adalah 0,048, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika saat pandemi covid di SDN 291 Gresik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...