Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Kepercayaan Diri Siswa Berpengaruh terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar

Zahrah, Riza Fatimah (Unknown)
Febriani, Winarti Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pertama siswa memahami konten dari soal cerita yang disajikan dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga akan melahirkan kesulitan yang selanjutnya yaitu, siswa kesulitan untuk mengubah kalimat cerita menjadi kalimat matematika. Pada tahap melakukan operasi hitung juga siswa masih mengalami kesulitan, siswa tidak percaya akan jawaban atau cara yang ia kuasai. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika berbasis kearifan local. Soal cerita disajikan menggunakan bahasa sunda dan dalam pembelajaran menggunakan permainan berbudaya sunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan korelasi dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa sekolah dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,436

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...