Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah

Patriana, Wendy Dian (Unknown)
Sutama, Sutama (Unknown)
Wulandari, Murfiah Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Literasi numerasi sebagai prasyarat kecakapan abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler pada Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler pada Sekolah Dasar, dan (3) Mendeskripsikan pengendalian pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler pada Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan melalui langkah 1) mengidentifikasi permasalahan pembudayaan literasi numerasi, 2) menentukan fokus permasalahan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler pada Sekolah Dasar, 3) menentukan subyek penelitian, 4) mengumpulkan data, 5) menganalisis data penelitian, dan 6) menyusun simpulan. Subjek penelitian ini yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa kelas V dari SD Muhammadiyah di Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi serta observasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif model alir interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler dilakukan dengan menyusun RPP, menyusun bahan belajar, menyusun soal HOTS, dan merancang media belajar. 2) pelaksanaan pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler melalui kegiatan pembelajaran sinkronus, asinkronus, dan home visit. 3) pengendalian pembudayaan literasi numerasi dalam kegiatan kurikuler dilakukan dengan monitoring perencanaan, monitoring pelaksanaan, dan monitoring hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...