Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Perbandingan Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Diana, Suryani Apriyani (Unknown)
Yatri, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar Matematika dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakaan adalah Quasi Eksperimen dengan design penelitian Nonquievalent Control Goup Design. Uji normalitas kelas ekperimen I diperoleh hasil Lhitung = 0,1212 < Ltabel = 0,173 untuk kelas eksperimen II diperoleh hasil Lhitung = 0,090 < Ltabel = 0,173 maka kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh hasil Fhitung = 1,27 < Ftabel = 4,30, maka data tersebut berdistribusi homogen. Uji hipotesis peneliti menggunakan uji-t independent diperoleh hasil Thitung = 2,315 > Ttabel = 1,7001 maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang mana bahwa terdapat perbedaan penggunaan aplikasi Whatsap Group dan Google Classroom terhadap hasil belajar melalui pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah 41 Jakarta Timur. Uji-t satu pihak kanan pada kelas eksperimen I Ha ditolak dan eksperimen II Ho diterima maka penggunaan aplikasi whatsapp group lebih besar 75 dari penggunaan google classroom

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...