Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar karakteristik morfologi tumbuhan yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan pada matakuliah anatomi dan morfologi tumbuhan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain pengembangan mengikuti model Plomp yang terdiri dari lima tahapan berupa (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, (implementasi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah anatomi dan morfologi tumbuhan, tahun akademik 2020/2021 program studi pendidikan Biologi STKIP Soe. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Produk berupa buku ajar karakteristik morfologi tumbuhan yang dikembangkan diuji validitasnya berdasarkan hasil penelitian dari tim ahli sebagai validator. Kepraktisan produk diuji menggunakan analisis angket respon mahasiswa dan dosen. Uji keefektifan buku ajar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan dilakukan melalui penelitian quasi eksperimen dengan teknik analisis menggunakan uji t sampel independen dan skor gain normalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar karakteristik morfologi tumbuhan yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi jenis tumbuhan.
Copyrights © 2021