Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring

Saragih, Atika Angriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Pada situasi ini peran orang tua menjadi sangat penting dan tidak terpungkiri. Jika dokter sebagai garda terdepan dalam menangani Covid-19, maka orang tua baik ayah maupun ibu adalah garda terdepan yang mengawal anak-anaknya tetap belajar di rumah masing-masing. Tujuan dari penelitain ini adalah untuk menganalisis dan membahas permasalahan Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Pada Saat Pembelajaran Daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat menganalisa dan mendeskripsikan suatu permasalahan berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari beberapa pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran konvensional peran orang tua di rumah hanya sebatas menjadi orang tua bagi anak-anaknya, dalam pembelajaran daring selain sebagai orang tua di rumah, orang tua siswa juga berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator. Dalam hal ini juga terdapat faktor prndukung dan penghambat selama proses pembelajaran daring yaitu masalah utamanya adalah jaringan dan pendukung utamanya adalah peran aktif orang tua dalam bekerjasama dengan guru shingga dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai terutama untuk kemandirian anak usia dini. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...