Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning

Yulianti, Upit (Unknown)
Julia, J. (Unknown)
Febriani, Melly (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Peran utama seorang guru adalah menciptakan kualifikasi individu yang lebih baik dengan mengikuti perkembangan serta kemjuan teknologi melalui pendidikan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta memberikan gambaran mengenai bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan blanded learning. Fokus penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan blanded learning dan gambaran mengenai hasil belajar siswa dalam pelaksanaan blanded learning. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sangat baik dalam mengajar, hal ini diketahui dari inovasi-inovasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya, guru perlu mengikuti pelatihan. Adapun hasil belajar menunjukkan perolehan rata-rata nilai siswa pada saat pembelajaran daring sudah baik, tetapi hasil pembelajaran luring lebih baik, hal ini diketahui dari hasil perbandingan perolehan rata-rata siswa pada saat pembelajaran daring dan luring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...