Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung, (2) menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung, dan (3) menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung Tahun 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi ganda dengan tiga predictor. Dan uji analisis yang digunakan terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Jumo, (2) kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap motivasi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Jumo, dan (3) kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap motivasi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Jumo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022