Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Implementasi Nilai-Nilai Islami Melalui Pembiasaan dengan Lembaran Mutaba’ah di Masa Pandemik Covid 19

Sakdah, Maya Siti (Unknown)
Hidayat, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Terwujudnya akhlak yang terpuji terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan metode pembiasaan. Metode pembiasaan dengan lembaran mutabaah dijadikan cara yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Cendekia, Kabupaten Simalungun selama satu bulan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena lingkungan peserta didik selama pandemik semakin tidak terkontrol, terutama dalam masalah ibadah. Metode yang digunakan dalam melihat peningkatan nilai-nilai Islami adalah metode kuantitatif sampai memperoleh data yang akurat, selanjutnya dianalisis menggunakan tahap versi (mels dan habermen). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ibadah dari siklus ke-1 menuju siklus ke-2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan sangat mempengaruhi kebiasaan keseharian peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...