Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan di Kalangan Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Junaidi, Rahmad (Unknown)
Assya'bani, Ridhatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berdasar pada pentingnya menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila kepada siswa di era globaliasi saat ini dalam bidang pendidikan, agar paham tentang pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang bentuk pengimplementasian nilai-nilai pancasila dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di kabupaten hulu sungai utara, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi pembaca terkhusus guru dan pihak yang berada dalam dunia kependidikan, agar dapat mengimplementasikan hal tersebut kedepannya. Penelitian ini ditulis dengan metode kualitatif jenis penelitian narrative research. Dalam teknik pengumpulan data-data, penelitian ini adalah observasi secara langsung, wawancara dan mendokumentasikan hal-hal terkait dengan peelitian. Dari data yang di dapat, lalu dianalisis dengan model Miles and Hubberman yakni dengan mereduksi, mendislpay dan memverifikasi data. Dari hasil Penelitian ini didapatkan gambaran mengenai bagaimana pengimplementasian dari nilai-nilai pancasila di MI Nurul Hidayah yaitu dengan melalui proses pembelajaran, kegiatan amaliah keagamaan, kegiatan sosial budaya dan ekstrakurikuler di MI tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...