Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Romansyah, Desta (Unknown)
Egok, Asep Sukenda (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta dan sekaligus sampel penelitian yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data yang terkumpul di analisis menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 25 menunjukkan besar Zhitung = 1,87 dan Ztabel = 1,64 (zhitung > ztabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta setelah penerapan model pembelajaran Make A Match  secara signifikan tuntas. Nilai rata-rata tes akhir siswa sebesar 72,27 serta persentase siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (65,38%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...