Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar

Yuristia, Fatma (Unknown)
Hidayati, Abna (Unknown)
Ratih, Maistika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD disebabkan guru menggunakan metode konfesional dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Tujuan peneitian menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis probem based learning (PBL) yang valid dan praktis pada siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Jenis penelitian menggunakan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian angket validasi 3 orang validator dan angket praktikalitas respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan sangat valid dari aspek bahasa 3,8 valid dari aspek materi 3,6 valid, aspek desain 3,33 valid, rata-rata validasi dari 3 orang dosen ahli 3,57 valid. Uji praktikalitas guru dari segi kemudahan penggunaan diperoleh nilai 76% cukup praktis, manfaat 100% sangat praktis, kesesuaian waktu 100% cukup praktis, rata-rata presentasi praktikalitas oleh guru 92% sangat praktis. Praktikalitas oleh siswa segi peningkatan kreativitas diperoleh nilai 93,26 sangat praktis, minat siswa 93,26% sangat praktis, proses penggunaannya 94,71% sangat praktis, waktu yang tersedia 95,19% sangat praktis dan evaluasi 90,38% sangat praktis. Rata-rata persentase praktikalitas siswa 93,36% sangat praktis. Disimpulkan modul pembelajaran IPA berbasis PBL dengan kriteria valid dan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...