Pengembangan model bahan ajar harus menitikberatkan jaminan kualitas bahan ajar untuk mendukung pengembangan mode of learning effect, karena pengembangan bahan ajar dan proses pembelajaran pada dasarnya bersifat linier. Maka dari itu, penelitian dalam perancangan Model Bahan Ajar Seni Budaya berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara ini bertujuan untuk dapat meningkatkan semangat siswa, menambah wawasan belajar siswa seputar pengenalan budaya kearifan lokal dan menjaga dalam upaya melestarikan kearifan lokal yang ada di wilayah tempat tinggal mereka. Pada penelitian ini memakai metode penelitian dan pengembangan (R&D) dan memakai model jenis penelitian ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 23 Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VI dan guru mata pelajaran SBdP serta obyek penelitian yaitu bahan ajar SBdP kelas VI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, telah di rancangnya Bahan Ajar Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Daerah untuk siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Berdasarkan hasil ujicoba produk bahan ajar yang telah dirancang baik itu segi desain tampilan, penyajian materi, penggunaan bahasa maupun penempatan gambar sudah layak untuk digunakan dengan beberapa catatan perbaikan yaitu pada penempatan gambar dan ukuran gambar yang kurang tertata rapi sehingga masih perlu diperbaiki
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022