Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran boxsemart mengenal huruf dan angka bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dari hasil tahap analisis, dalam proses belajar siswa tidak dapat membedakan huruf yang memiliki bentuk hampir sama misalnya “b dan dâ€, “p dan qâ€, “m dan nâ€. Siswa juga kesulitan membedakan angka yang memiliki bentuk hampir sama misalnya “6 dan 9â€. Hal ini disebabkan karena siswa kurang hafal huruf alfabet maupun angka dan kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru. Berdasarkan tahap analisis maka penulis mengembangkan produk berupa media boxsemart untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD dalam mengenal huruf dan angka. Produk diuji oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi dengan skor 87,5% dalam kategori sangat valid dan hasil validasi oleh ahli medi diperoleh skor 90% dalam kategori sangat valid.Â
Copyrights © 2022