Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Evaluasi Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19

Muhlis, Muhlis (Unknown)
Ghazali, Ahmad (Unknown)
Nurcaya, Nurcaya (Unknown)
Jumadi, Jumadi (Unknown)
Ebe, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kretif menulis puisi pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas XI SMAN 1 Wajo. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dengan guru kelas XI, observasi saat pembelajaran menulis puisi, dan studi dokumentasi mengenai program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian mendapatkan hasil yaitu keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam menulis puisi mampu dikembangkan oleh guru. Hal ini dapat dibuktikan ketika pembelajaran berlangsung, penggunaan media gambar dan model pembelajaran PAIKEM dapat membuat peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kreatif yang dimilikinya. Pembelajaran menulis puisi yang aktif dan efektif. Peserta didik mampu menulis puisi sesuai dengan keterampilan berpikir kreatif yang dimilikinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...