Pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang banyak praktiknya. Dalam praktiknya memerlukan banyak media. Namun terdapat kendala pada kesediaan media pembelajaran di sekolah dasar. Oleh karena itu kajian ini membahas media apa yang menjadi alternatif pada praktikum pembelajaran IPA. Kemudian hasil pembahasan ditemukan bahwa media alternatif yang digunakan adalah media berbasis video simulasi animasi. Keunggulan media berbasis video simulasi animasi ini adalah meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa, visualisasi yang jelas, memfasilitasi pembelajaran berbasis pengalaman, meningkatkan retensi pengalaman, fleksibilitas pembelajaran dalam jarak jauh, meningkatkan keterlibatan siswa, menyesuaikan dengan beragam gaya pembelajaran, penghadirkan dunia luar di dalam kelas. Meningkatkan kemampuan siswa mengamati, memahami, dan menguji konsep, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan analisis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media alternatif media pembelajaran IPA Sekolah Dasar adalah media berbasis video simulasi maupun animasi
Copyrights © 2024