Materi usaha pelestarian lingkungan menjadi tema khusus dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Akan tetapi, materi upaya pelestarian lingkungan yang tertera di buku tematik yang digunakan di sekolah dasar sering kali tidak memasukkan nilai-nilai agama termasuk nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran tematik sangat penting dilakukan di sekolah dasar agar setiap proses pembelajaran dapat menjadi wadah untuk pembentukan siswa beriman dan bertakwa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan aspek-aspek integrasi nilai-nilai keislaman khususnya yang berkaitan dengan akhlak dalam materi usaha pelestarian lingkungan khususnya pelestarian air pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles dan Huberman. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa integrasi nilai akhlak dapat dilakukan dalam pembahasan mengenai: cara mengurangi krisis air bersih, dan penghematan air. Pada bahasan mengenai dua hal tersebut dapat dimasukkan pembelajaran tentang: akhlak syukur, akhlak meninggalkan yang tidak bermanfaat dan akhlak kepedulian. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa nilai akhlak bisa dimasukkan secara lebih kuat pada materi usaha pelestarian lingkungan pada pelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Adanya penanaman nilai akhlak yang dikaitkan dalam pembelajaran dapat membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan dan tentunya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat menjaga lingkungan.
Copyrights © 2022