Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 5 (2022)

Pengembangan Handout Pembelajaran Berbasis Kearifan Budaya Lokal Reog pada Pembelajaran IPS untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Roesmawati, Lina (Unknown)
Suprijono, Agus (Unknown)
Yani, Muhammad Turhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan handout pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal reog pada pembelajaran ips untuk penguatan pendidikan karakter siswa kelas IV Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menerapakan model pengembangan 4-D (four D Models) yang dikembangkan oleh Thiagaraja. Uji coba lapangan dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui kelayakan maupun kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan buku ajar secara deskriptif kualitatif dengan teknik presentase serta analisis infrensial melalui penghitungan n-gain.. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Handout pembelajaran berbasisi kearifan budaya lokal layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata validasi dari ahli materi dan ahli desain pembelajaran mencapai 88,75 % dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan, 2) Handout pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat praktis atau mudah di gunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil angket siswa dan guru menunjukkan 88,81% dengan keterangan sangat praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...