Keberhasilan dalam pembelajaran matematika dipengaruhi banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan etos kerja guru dengan hasil belajar matematika serta besarnya hubungan antar variabel tersebut. Desain penelitian ini adalah jenis kuantitatif melalui metode survey dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 120 orang menggunakan Teknik random sampling. Pengukuran variable independent mengggunakan skala Likert, sedangkan variable dependent menggunakan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mempergunakan teknik regresi berganda program SPSS 26. Hasil penelitian membuktikanbahwasanyaada hubungan diantara kemampuan menerapkan manajemen kelas terhadap hasil belajar matematika, terdapat hubungan antara etos kerja guru dengan hasil belajar matematika, terdapat hubungan antara manajemen kelas dan etos kerja dengan hasil belajar matematika. Besar hubungan manajemen kelas dan etos kerja dengan hasil belajar matematika adalah sebesar 62% hasil belajar dijelaskan oleh variabel etos kerja dan manajemen kelas. Sementara sisanya 38% dijelaskan oleh variabel lain di luar manajemen kelas dan etos kerja. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan profesionalitas diri merupakan pondasi dasar dalam manajemen kelas dan etos kerja seorang guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023