Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada materi menulis teks deskripsi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII D SMP Negeri 22 Kota Jambi pada bulan September tahun 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pengamatan. Jenis data penelitian adalah data kualitatif berdasarkan penerapan model berbasis proyek pada materi menulis teks deskripsi. Sumber data diambil dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII D. Teknik pengumpulan diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh  bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan enam fase didalamnya mengikuti sintak dari Zainal dan Ali (2016) yaitu mengamati fenomena, menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, memonitor siswa dan kemajuan proyek dan menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman. Dari enam sintak semua berjalan dengan baik, hasil tes tulisan siswa didapatkan hasil yang sangat baik, baik dan cukup baik dari enam kelompok yang membuat hasil tulisan kelompok melalui data yang diobservasi di lapangan mengenai keindahan sekolahnya. Kata kunci: penerapan, model pembelajaran berbasis proyek, menulis teks deskripsiÂ
Copyrights © 2023