Belajar merupakan suatu proses yang harus dilalui untuk mencapai perubahan didaam diri untuk menjadi prilaku yang lebih baik ataupun perubahan tingkah laku yang bersifat positif atau lebih baik dari sebelumnya. Namun dalam proses belajar tidak terlepas dari kondisi seseorang dimana proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam mencapai hasil belajar yang disebut dengan kesulitan belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas Va dan Vb SDN 23 Bilah Hilir Perkebunan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitan ini mengunakan angket, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa kesulitan belajar siswa siswi dalam memahami mata pelajaran IPA dapat di lihat yakni  Prestasi Belajar IPA Rendah 74%, kemudian indikator ke dua Hasil Belajar Yang Di Capai Tidak Seimbang 72%, selanjutnya indikator ke tiga  yaitu Lambat Dalam Mengerjakan Tugas Dan Terlambat Dalam Menyelesaikan Tugas dengan persentasi 65%, kemudian Indikator keempat yakni Sikap Acuh Pada Saat Mengikuti Pelajaran dengan persentase 69 %, untuk indikator kelima, Menunjukan Gejala Emosional yang persentase nya 62%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan  bahwa terbukti adanya kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPA di kelas Va dan Vb di SDN 23 Bilah Hilir Perkebunan Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024