Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 6 (2022)

Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V

Wakhidiani, Dian (Unknown)
Yulianti, Dwi (Unknown)
Widodo, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah modul yang belum dikembangkan oleh pendidik, pendidik hanya menggunakan buku dari pemerintah dan LKS (Lembar Kerja Siswa) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan modul tematik tema organ gerak hewan dan manusia berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V, dan (2) menghasilkan produk modul tematik yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R&D Borg and Gall. Responden pada penelitian ini adalah pendidik, peserta didik, ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Objek penelitian ini adalah modul tematik berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk modul tematik berbasis problem based learning yang dapat meningkat keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata 24% setelah posttest dengan dengan n-gain yang diperoleh sebesar 53,17% dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah produk praktis dan efektif yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran tematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...