Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran dan mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran PAIKEM di SD. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Subjek penelitian adalah wali kelas V dan Kepala Sekolah SD 06 Perawang Barat dan penelitian dilakukan pada rentang waktu bulan Januari hingga September tahun 2022. Temuan dalam penelitian ini merupakan hasil dari wawancara mendalam dengan informan, lalu melakukan observasi dalam kegiatan interaksi antara peneliti dan informan dengan lingkungannya untuk menemukan data yang diperlukan dan melakukan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan optimal setelah menggunakan strategi PAIKEM, pembelajaran pun terasa lebih menyenangkan dan materi mudah di ingat oleh peserta didik. Minat peserta didik pada kegiatan pembelajaran menjadi meningkat, dengan kata lain bahwa tidak ada siswa yang merasa bosan ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung.
Copyrights © 2022