Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Praktikalitas Media Interaktif Pembelajaran Membaca Permulaan Berbantuan Powerpoint Berbasis Pendekatan Balanced Literacy Approach

Jannah, Miftahul (Unknown)
Sulfasyah, Sulfasyah (Unknown)
Rukli, Rukli (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengevaluasi praktikalitas sebuah media interaktif pembelajaran membaca permulaan berbasis powerpoint dengan pendekatan balanced literacy. Penelitian ini melibatkan responden berupa guru dan siswa dari sebuah sekolah dasar di Gugus SD 5 Lembang Cina, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian lembar angket respon dari guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentasi dan kategorisasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru terhadap media interaktif pembelajaran mencapai 94% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa mencapai 95% dan juga berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran membaca permulaan berbantuan powerpoint dengan pendekatan balanced literacy dapat digunakan secara praktis dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...