Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Analisis Kebijakan dan Peran Guru dalam Pergantian dan Pengembangan Kurikulum di Indonesia

Totoda, Realita Meydena Andhela (Unknown)
Luwunaung, Novenia Sintikhe (Unknown)
Sahentumuwo, Grace Satriani (Unknown)
Monigir, Non Norma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Kebijakan pergantian kurikulum telah banyak mengalami perubahan. Pergantian kurikulum di Indonesia telah berulang kali diganti dan dikenal sebagai berikut : 1) KTSP 2) Kurikulum 2013 4) Kurikulum 2013 versi revisi yang menekankan pada kompensi dan berbasis karakter. 5) Merdeka belajar. Pergantian kurikulum memiliki dampak bagi guru dan peserta didik. Guru juga memegang peranan penting dan krusial dalam pengembangan kurikulum diantaranya ; 1) Pengelolaan administratif, 2) Pengelolaan Konseling dan Pengembangan Kurikulum, 3) Guru Sebagai Tenaga Profesi Kependidikan, 4) Berpartisipasi dalam Pengembangan Kurikulum, 5) Meningkatkan Keberhasilan Sistem Instruksional, 6) Pendekatan Kurikulum, 7) Meningkatkan Pemahaman Konsep Diri, 8) Memupuk Hubungan Timbal Balik yang Harmonis dengan Siswa. Dilihat dari segi pengelolaan, pengembangan kurikulum dibedakan menjadi sentralisasi, desentralisasi, sentral desentral. Dalam pengembangan kurikulum, guru berperan sebagai implementer (pelaksana), developer (pengembang), adapter (penyelaras), research (peneliti).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...