Pancasila sebagai ideologi dan juga jati diri bangsa merupakan fondasi persatuan atas adaya keberagaman di Indonesia. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada pembaca tentang pentingnya penanaman sikap dan perilaku peserta didik yang berkarakter unggul yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dalam penyusunan jurnal ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan kegiatan wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga studi kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam jurnal ini. Pada penulisan jurnal ini peneliti secara langsung datang ke SDN Podorejo 01, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang untuk memperoleh data primer yang akan kami gunakan dalam penyusunan artikel ini. Pada simulasi praktik mengajar yang telah peneliti lakukan beberapa waktu lalu dengan menggunakan media pembelajaran kantong ajaib yang bertemakan penerapan sila- sila pancasila dalam kehidupan sehari terbukti efektif digunakan sebagai solusi alternatif bagi peserta didik yang merasa bosan dan kurang memahami pembelajaran yang sedang berlangsung. Dari permasalahan tersebut diperlukan kesadaran dari dalam diri peserta didik untuk bertingkah laku sesuai dengan sila- sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, dalam pengimplementasian sila-sila pancasila diperlukan suatu inovasi untuk mewujudkan kepribadian peserta didik yang berkarakter unggul melalui penggunaan media pembelajaran “Kantong Ajaib”.
Copyrights © 2023