Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Manajemen Konflik dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

Indriani, Nina (Unknown)
Putri, Meria Sindy Amanda (Unknown)
Vindy Agung Trisnawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan sekarang, dimana penerapan Kurikulum Merdeka saat ini masih terbilang baru sehingga dibutuhkan manajemen konflik yang baik untuk menghadapi rintangan-rintangan yang terjadi kedepannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum terkait pencegahan konflik terhadap implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur dengan cara mengkaji dan menganalisis sumber pada data atau dokumen tertulis yang sudah ada sebelumnya. Pada bagian pembahasan, kami membahas empat poin utama yang berkaitan dengan manajemen konflik dalam penerapan Kurikulum Merdeka, yaitu: (1) Jenis-Jenis Konflik Implementasi Kurikulum Merdeka, (2) Faktor-Faktor Penyebab Konflik Implementasi Kurikulum Merdeka, (3) Strategi Manajemen Konflik Implementasi Kurikulum Merdeka, dan (4) Dampak Adanya Konflik Implementasi Kurikulum Merdeka. Hadirnya manajemen konflik dipandang tidak hanya dapat dijadikan sebagai cara untuk memanajemen atau menyelesaikan suatu masalah. Namun, juga dapat dijadikan sebagai langkah preventif (pencegahan) terjadinya suatu masalah. Peneliti berinovasi untuk menyuguhkan sebuah penelitian mengenai manajemen konflikĀ  pada penerapan Kurikulum Merdeka dari berbagai hal. Kesimpulan yang kami peroleh yakni kedudukan manajemen konflik dipandang sebagai hal penting yang juga harus diperhatikan, agar kehadirannya juga turut membantu untuk perbaikan-perbaikan sehingga bisa mencapai pada kesejahteraan sesuai apa yang diharapkan dari penerapan Kurikulum Merdeka ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...