Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Melalui Media Organ Mask Berbasis Role Playing di Sekolah Dasar

Hertanti, Midya (Unknown)
Fadiana, Mu'jizatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia pada siswa sekolah dasar sangatlah kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia melalui sebuah media dan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Nguruhan II materi sistem pencenaan man usia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang mengikuti tes formatif sebelum menggunakan media organ mask, baru 7 anak atau 43,75% yang mencapai KKM. Sedangkan 9 anak atau 56,25% masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Setelah menggunaan media organ mask berbasis role playing menunjukkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran setelah menggunakan media dan model pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil evaluasi belajar berupa ketuntasan belajar meningkat dari 43,75% menjadi 87,5% Peningkatan hasil belajar berupa nilai rata-rata mengalami peningkatan mulai dari 65 dan menjadi 84. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media organ mask berbasis role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sistem pencernaan manusia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...