Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Pengaruh Model Flipped Classroom Tipe Peer Instruction terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Ramadhina, Khairunnisa (Unknown)
Hidayat, Otib Satibi (Unknown)
Soleh, Dudung Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Rendahnya keterampilan komunikasi siswa kelas IV dan pembelajaran IPS masih berpusat pada guru menjadi latarbelakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Flipped Classroom tipe Peer Instruction terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dan desain penelitiannya adalah Posttest-Only Control Design. Penelitian ini memiliki sampel yaitu seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Kramat Pela 07, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Terdapat dua rombongan belajar, terpilih kelas IV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Flipped Classroom tipe Peer Instruction dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol menggunakan model ekspositori. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen observasi dan tes berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase instrumen observasi keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen sebesar 90% (sangat baik) dan kelas kontrol 82% (sangat baik). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan hasil uji hipotesis keterampilan komunikasi siswa pada Pembelajaran IPS memperoleh nilai t hitung (4,64) > t tabel (1,68). Hasil pengujian membuktikan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction memiliki pengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...