Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Metode Bercerita untuk Membiasakan Anak Mandiri Usia 4-5 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini

Palakiah, Siti Resmi (Unknown)
Elnawati, Elnawati (Unknown)
Poppyariyana, Alfian Ashshidiqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penerapan metode bercerita merupakan sebuah pendekatan yang efektif dalam membentuk kemandirian anak usia dini, khususnya dalam rentang usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bercerita, hasil penerapan metode bercerita serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode bercerita terhadap kemandirian anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan pada siklus II, kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan dari siklus I yang awalnya 1 orang (14,28%) menjadi 4 orang (57,14%) diikuti dengan penurunan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 orang (28,57%). Dari hasil tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan metode membaca untuk membiasakan anak mandiri usia 4-5 tahun di SPS Dahlia Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi telah memenuhi target keberhasilan karena berdasarkan indikator dikatakan berhasil jika anak mendapat persentase penilaian 52% sampai 67%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...