Linearitas lulusan dari guru dalam bidang pengajaran menjadi pijakan utama karena terkait atas kompetensi pendidik yang dimiliki. Hal tersebut menjadi latar belakang dalam penelitian ini apabila didapati profil lulusan guru yang tidak sejalan dengan kompetensi pendidik. Tujuan daripada penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh guru non pendidikan musik dalam penyampaian materi pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber serta dilakukan pula perpanjangan pengamatan agar data yang dianalisis bersifat sahih. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat ketidaksesuaian bidang ajar guru dengan latar belakang pendidikan yang mempengaruhi kompetensi professional dan pedagogik pada penyampaian materi pembelajaran seni musik. Implikasi dari ketidaksesuaian tersebut berakibat pada kualitas soal yang diberikan pada penilaian tengah semester. Secara keseluruhan, pentingnya penelitian ini bahwa linearitas profil guru dalam mengajar menjadi kunci utama akan keterpahaman pemberian materi walaupun masing-masing lulusan guru (pendidikan) memiliki kompetensi pedagogik.
Copyrights © 2024