Evaluasi merupakan hal yang penting karena dapat menilai sejauh mana keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai dasar untuk langkah-langkah tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi butir soal bahasa indonesia yang berstandar nasional, yaitu UN dan USBN Bahasa Indonesia untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian. Riset dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survei. Berdasarkan hasil analisis butir soal bahasa indonesia yang berstandar nasional, yaitu UN dan USBN maka dapat disimpulkan hasil analisis yaitu butir tes valid 16 butir dan 14 butir tidak valid , reliabilitas tes tinggi, , 24 soal yang mesti dirombak dikarenakan indeks daya pembeda yang masih rendah , soal yang telah bisa diterima sebanyak 6 karena mempunyai indeks daya pembeda yang baik, distribusi tingkat kesulitan dari 30 soal yang digunakan adalah sebagai berikut: 27% mudah (8 soal), 73% sedang dan 0% sukar (0 soal) dan hasil uji tipuan dalam soal dengan menyeluruh terdapat 9 tipuan tidak berfungsi. Adapun Implikasi dari penelitian ini terhadap perkembangan keilmuan yaitu dalam penyusunan kembali soal yang tidak memenuhi standar.
Copyrights © 2024