Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Herdianti, Nabila Putri (Unknown)
Hanim, Wirda (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini didorong oleh perlunya menggunakan sarana pendidikan yang interaktif dan menyenangkan, yang bertujuan untuk menarik minat siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi dalam proses pembelajaran serta keterlibatan sosial siswa sekolah dasar kelas empat dalam pembelajaran IPS. Dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), khususnya model ADDIE, penelitian ini berfokus pada tahap awal: analysis (analisis). Populasi penelitian ini adalah pendidik dan siswa kelas IV SD Budi Wanita. Sampel penelitian ini adalah seorang guru dan 17 siswa SD Budi Wanita. Metode pengumpulan data kualitatif yaitu wawancara dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Temuan dari angket siswa menunjukkan bahwa 82% responden menyatakan minat dan setuju mengenai integrasi media pembelajaran ular tangga digital berbasis Genially ke dalam pembelajaran IPS. Selain itu, guru mengakui potensi media pembelajaran digital ini untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, hasil analisis kebutuhan guru dan siswa mengindikasikan bahwa media permainan ular tangga digital berbasis genially diperlukan oleh siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk pengembangan media ular tangga digital agar dapat mendorong peningkatan partisipasi belajar siswa dan menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas IV sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...