Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang tidak memiliki minat dalam belajar. Belajar merupakan tugas utama seorang peserta didik, namun tidak semua peserta didik memiliki pengelolaan belajar yang baik sehingga peserta didik harus meningkatkan minat dalam belajar. Kurangnya minat belajar yang dialami oleh peserta didik sangat beragam, diantaranya adalah sulit mengatur waktu belajar,sulit memulai kegiatan belajar, tidak memahami materi pelajaran dan bingung harus memulai dari pelajaran mana terlebih dahulu. Minat memliki peran penting dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya minat siswa akan lebih bersemangat, senang dan juga tidak mudah bosan dalam belajar. Minat belajar yang tinggi juga dapat mendukung keberhasilan setiap siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Minat belajar dapat dipengaruhi oleh dua factor internal dan juga factor eksternal. Salah satu factor eksternal adalah dukungan orang tua. Minat belajar tidak terlepas dari dukungan orang tua karena orang tua adalah orang yang sangat penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode experiment dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dalam penelitian ini penelitian memfokuskan memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang pengaruh konseling kelompok dengan Teknik rebt dalam meningkatkan minat belajar. Dan Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang peneliti gunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan juga angket minat belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024