Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Puzzle Macan (Bermain Pecahan) Berbasis Realistic Mathematic Education

Dwitami, Milanda Ilwani (Unknown)
Hanim, Wirda (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Pada realitasnya, pembelajaran pecahan adalah materi yang dirasa sulit oleh peserta didik, dikarenakan guru masih menggunakan pengajaran konvensional serta belum menerapkan inovasi media pembelajaran. Media penting digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan media Puzzle Macan (Bermain Pecahan) berbasis realistic mathematic education pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SDN Klender 10. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall yang berfokus pada tahap awal yakni research and informating. Subjek penelitian yang dipilih adalah peserta didik kelas IV SDN Klender 10 sebanyak 30 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari angket penggunaan media pembelajaran dan angket analisis materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 80% peserta didik kelas IV SDN Klender 10 membutuhkan suatu pembelajaran matematika yang lebih interaktif menggunakan bantuan media pembelajaran khususnya pada materi pecahan yang dianggap oleh 86,7% peserta didik materi tersebut cenderung sulit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya media pembelajaran Puzzle Macan (Bermain Pecahan) agar peserta didik lebih tertarik belajar matematika dan memahami materi dengan mudah menggunakan media konkret.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...