Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS di Kelas V Sekolah Dasar

Nuku, Amirah A.S. (Unknown)
Aras, Nurul Fitriah (Unknown)
Firmansyah, Arif (Unknown)
Muchdar, Muchdar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mencakup berbagai ilmu-ilmu sosial yang diselenggarakan untuk program studi di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres 3 Talise, dimana kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Siswa VA dan VB seluruhnya berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari uji validitas,  uji normalitas, reliabilitas, uji homogenitas, dan uji t dengan dukungan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata angket motivasi belajar eksperimen di kelas sebesar 3,11 Kategori Sangat Baik Rata-rata angket motivasi belajar kelas kontrol sebesar 2,51% dengan kategori baik, nilai hasil belajar pretest kelas kontrol sebesar 0,33 dan nilai posttest sebesar 0,89. Pada kelas eksperimen nilai pretest sebesar 0,43 dan posttest sebesar 1,00 dengan kategori signifikansi tinggi pada  taraf 5% yaitu <0,000. Jika 0,05 maka Ho ditolak. Artinya model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...