Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Perbandingan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada Kurikulum Merdeka di Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta

Ningsih, Nenni Aprilia (Unknown)
Septikasari, Zela (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kurikulum menempati posisi yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksaan pendidikan. Penulisan artikel bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kelas tinggi lingkup negeri dan swasta berdasarkan kurikulum merdeka. Penulisan artikel menggunakan metode kualitatif, instrumen penelitian adalah diri sendiri dan proses analisis data menggunakan metode sesuai Miles dan Huberman, yakni ) reduksi data, ii) penyajian data, dan iii) penarikan kesimpulan. Penelitian mendapatkan hasil bahwa sekolah memiliki profil dan saran prasarana sekolah. Proses dan perangkat pembelajaran juga digunakan guru untuk mendukung siswa dalam memahami materi pelajaran. Asesmen juga digunakan untuk mengetahui pencapaian belajar siswa dan profil pelajar pancasila diberlakukan untuk menanmkan karakter siswa sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila. Kegiatan belajar mengajar akan mendapatkan hasil optimal jika sarana dan prasarana, perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan dimensi profil pelajar pancasila saling terlaksana dengan baik dan tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...