Penelitian ini dilatarbelakangi pada fakta saat ini, tidak sedikitnya guru yang masih menggunakan metode ceramah tanpa ada variasi media yang beragam dalam menjelaskan materi pelajaran yang akhirnya membuat pembelajaran tidak menarik dan membosankan. Maka tujuan dari penelitian ini, menguji media animasi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif peserta didik kelas IV. Metode yang diterapkan adalah penelitian kuantiatif eksperimen dengan desain true eksperimental design dengan analisis uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen ranah kognitif tercatat 75,00 yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 65,10. Ranah afektif juga menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen 79,37 yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 67.48. Diperjelas lagi dari ranah kognitif, berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,032 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada media animasi. Pengaruh yang sama juga terdapat pada ranah afektif dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran menggunakan media animasi terlihat lebih baik hasilnya dan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif peserta didik kelas IV.
Copyrights © 2024