Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dan terencana untuk mendidik peserta didik supaya lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman karakter peduli sosial peserta didik kelas V di SD Negeri Madyotaman Surakarta. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dengan subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas V sebanyak 6 peserta didik, wali kelas V, dan kepala sekolah. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan urutan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi yang digunakan dalam penanaman karakter peduli sosial pada peserta didik menggunakan pendekatan pendidikan karakter yang dilakukan melalui strategi keteladanan, pembelajaran, pembudayaan, penguatan dan penilaian. Hasil penelitian ini juga menunjukan faktor yang menyebabkan karakter peduli sosial peserta didik kurang baik disebabkan karena faktor lingkungan baik di rumah, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pendidikan khususnya dalam hal pengembangan karakter peduli sosial.
Copyrights © 2024