Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Sutimah, Sutimah (Unknown)
Tyas, Dewi Nilam (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan signifikan dengan Kurikulum Merdeka yang meningkatkan relevansi dan kualitas pembelajaran sesuai kebutuhan lokal dan potensi siswa. Penelitian ini mengkaji manfaat, tantangan, dan implikasi IBL dalam kurikulum Merdeka di sekolah dasar serta memberikan rekomendasi untuk pendidikan inklusif dan adaptif di Indonesia. Metode penelitian kualitatif dengan teknik literature review digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis peneliti, Inquiry Based Learning pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar berpengaruh terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, peningkatan hasil belajar, motivasi dan keterlibatan siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang berarti dan relevan dengan konteks lokal. Tantangan implementasi model pembelajaran IBL adalah kesiapan guru, sumber daya dan fasilitas, evaluasi dan penilaian. Implikasi implementasi model IBL adalah penguatan keterampilan abad ke-21, mendorong kemandirian belajar dan pendidikan berorientasi keterampilan, mengembangkan keterlibatan siswa, serta menyesuaikan tantangan global. Strategi mendukung pendidikan inklusif dan adaptif: pelatihan dan pengembangan profesional, pengembangan kurikulum lokal, dan pemanfaatan teknologi. Diharapkan IBL dalam IPAS dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sesuai visi Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...