Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Analisis Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Jenjang PAUD

Hidayat, Risma Wahyuni (Unknown)
Djoehaeni, Heny (Unknown)
Rudiyanto, Rudiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Implementasi pembelajaran yang baik dimulai dari perencanaan yang matang. Sayangnya, meskipun telah mendapatkan pembekalan belum semua elemen sekolah penggerak dapat dengan percaya diri menyusun perencanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Pemikiran yang belum terbuka terhadap pembaruan menjadi salah satu kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alur proses perencanaan P5 yang dilakukan di sekolah serta siapa saja yang terlibat dalam penyusunan rencana kegiatan P5. Tipe deskriptif-kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tahapan-tahapan yang dilakukan untuk membuat perencanaan project di sekolah penggerak. Mulai dari melakukan identifikasi kebutuhan sekolah, menentukan dimensi dan tema project, merancang alokasi project, Menyusun modul project, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan topik, alur aktivitas, dan Asessmen Project. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan rencana P5 yaitu seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sekolah, fasilitator sekolah penggerak, pengawas sekolah, penyuluh Dinas Pertanian Kota Bandung, dan kelurahan. Dari pemaparan tersebut disimpulkan bahwa perencanaan yang matang dihasilkan dari tim yang kompak yang telah menyamakan presepsi terhadap visi misinya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...