Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Evaluasi Implementasi Program Kelas Percepatan Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product)

Putri, Septya Novena Elwana (Unknown)
Vidia, Ratna Mei (Unknown)
Martina, Kadek (Unknown)
Sogen, Afrianto T.L (Unknown)
Warpala, Wayan Sukra (Unknown)
Suartama, I Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan indikator kemajuan peradaban dari suatu bangsa. Pendidikan yang bersifat dinamis nyatanya terus memberikan ruang kepada pengelola kebijakan untuk mengatur seluruh program agar cita-cita nasional dapat tercapai. Beranjak dari pandangan ini, program kelas percepatan dihadirkan sebagai sebuah kebijakan dalam rangka mengapresiasi potensi kecerdasan istimewa yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program akselerasi atau kelas percepatan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penggunaan model CIPP didasarkan pada keseluruhan tahapannya yang sistematis, tidak hanya berdasarkan hasil evaluasi. Oleh karena itu, model CIPP dianggap lebih komprehensif untuk digunakan daripada model evaluasi lainnya. Metode penelitian ini menggunakan analisis literature review, dengan menganalisis program kelas percepatan menggunakan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kelas percepatan yang di analisis dengan model CIPP layak dan efektif diimplementasikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Berdasarakan hasil analisis ini, maka dapat disimpulkan bahwa program kelas percepatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik pada kelas akselerasi, serta mendukung peningkatan kompetensi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...