Kabupaten Klaten, sebagai bagian dari Provinsi Jawa Tengah, berada di jalur Ring of Fire dan memiliki risiko tinggi terhadap berbagai jenis bencana, seperti gempa bumi, erupsi gunung, banjir, dan tanah longsor. Pengetahuan mitigasi bencana di kalangan masyarakat, terutama anak-anak penyandang disabilitas, masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitigasi bencana melalui inovasi pembelajaran menggunakan permainan Big Monopoly berbasis Augmented Reality (AR) dan Debriefing Simulation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif yang melibatkan pengukuran tingkat pengetahuan awal siswa melalui kuesioner pre-test, pendampingan edukasi menggunakan teknologi AR, dan simulasi peran dalam situasi bencana serta evaluasi dilakukan melalui kuesioner post-test untuk menilai peningkatan pengetahuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam permainan Big Monopoly dan metode Debriefing Simulation secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana. Pendekatan ini terbukti efektif dalam menyampaikan materi mitigasi bencana secara interaktif dan menyenangkan. Para peserta didik mengikuti kegiatan Implementsi Permainan Big Monopoly berbasisi Augmented Reality (AR) dan Debriefing Simulation dengan antusias yang tinggi.. Kesimpulannya, inovasi metode pembelajaran ini berhasil meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kalangan siswa penyandang disabilitas, memberikan mereka pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi bencana secara mandiri dan proaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024