Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran IPAS menjadi sebuah tantangan di tingkat sekolah dasar, terutama di kelas IV SDN Kebondalem-Mojosari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar.  Penelitian mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan 40 siswa kelas IV SDN Kebondalem dengan data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest, lalu dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang memakai metode outdoor study dan kelompok kontrol, dengan nilai signifikansi 0,003 (p < 0,05). Analisis data menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulannya, metode outdoor study memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS, mengindikasikan potensinya sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024