Penelitian ini dilatarbelakangi dalam Islam Al-Qur’an adalah pedoman dalam kehidupan dan tidak hanya sekedar dibaca tetapi juga memiliki keistimewaan untuk dihafalkan dengan tujuan semakin mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa diamalkan. Namun banyak kendala dalam menghafalkan Al-Qur’an terutama di kalangan anak SMA IT kelas X dengan berbagai masalah pribadi dan zaman yang sudah mereka lalui. Perlu adanya Flashcard yang membantu mengatasi masalah mereka untuk meningkatkan ESQ mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media flashcard metode multiple intelegensi kombinasi permainan tradisional dan teknologi untuk memudahkan menghafal juz 30 di SMAIT kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan kombinasi permainan tradisional yang mampu meningkatkan EQ. Serta Teknologi yang mampu meningkatkan IQ serta pembelajaran talqi oleh guru yang mampu meningkatkan SQ diharapkan dengan rancangan flashcard ini akan mampu untuk meningkatkan kualitas dalam hafalan siswa SMAIT kelas X. Disamping itu juga bisa meningkatkan multiple intelegensi murid. Untuk meningkatkan kualitas hafalan maka perlu alat bantu yang mampu dengan cepat, mudah dan murah serta menyenangkan salah satu cara adalah dengan menggunakan flashcard dengan rancangan tertentu yang sesuai dengan standar meningkatkan multiple intelegensi yaitu dengan mengkombinasikan permainan tradisional untuk meningkatkan EQ sedangkan permainan dengan teknologi meningkatkan IQ dan pembelajaran talqi dengan guru meningkatkan SQ.
Copyrights © 2023