Jurnal Tahsinia
Vol 4 No 2 (2023): Oktober

ASSESSMENT DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS IT

Susanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membimbing peserta didik menuju pemahaman dan pengamalan ajaran agama yang benar serta berintegritas. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem Assessment dan Evaluasi yang dapat membantu guru dalam mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam. Dalam penelitian ini perlu mengungkap konsep Assessment dan Evaluasi berbasis IT, manfaat dari penerapan Assessment dan Evaluasi berbasis IT dalam pembelajaran PAI, serta cara mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses Assessment dan Evaluasi pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui assessment dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis IT. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Assessment dan Evaluasi berbasis IT dalam pembelajaran PAI memiliki beberapa manfaat, antara lain dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran, memudahkan guru dalam mengevaluasi kemampuan siswa, serta memberikan umpan balik yang lebih cepat dan akurat kepada siswa. Selain itu, penerapan teknologi informasi dalam proses Assessment dan Evaluasi juga dapat membantu siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan lebih baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...