Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tugas pokok seorang guru adalah bertanggung jawab membantu, membimbing dan mengarahkan anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan segala permasalahan yang terjadi Ketika di dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang maupun sesudah pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita. Dalam pembelajaran bercerita, Problem Based Learning dikembangakan diskusi dan komunikasi dengan tujuan agar siswa saling berbagi kemampuan, saling belajar berpikir kritis, saling menyampaikan pendapat, saling memberi kesempatan menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain. Guru harus mampu memilih metode mengajar yang paling sesuai. Proses pembelajaran akan efektif jika berlangsung dalam situasi dan kondisi yang kondusif, hangat, menarik, menyenangkan, dan wajar.
Copyrights © 2023